Sabtu, 22 Mei 2010

Selamat Datang Para IT'ers Makassar

Dunia mengalami perubahan besar sejak ditemukannya komputer dan internet. tahun 1950 komputer mulai digunakan dan 40 tahun kemudian internet mulai banyak digunakan dan sekarang hampir setiap orang sudah tahu apa itu komputer dan internet. suatu revolusi peradaban yang sangat cepat.
Peradaban manusia berkembang mulai zaman batu dimana manusia hanya hidup dari apa yang disediakan alam, kemudian manusia belajar bercocok tanam. merekayasa tanaman agar bisa panen sehingga makanan tersedia sepanjang waktu dan tidak tergantung lagi waktu panen. Manusia juga sudah mulai memelihara ternak dari sebelumnya berburu jika ingin makan daging.
Peralihan peradaban dari tergantung pada alam menjadi mengelola alam berlangsung selama ribuan tahun. kemudian manusia mulai mengenal sekolah. sehingga pengetahuna manusia dapat di sebarkan dan tidak lagi dari orang tua atau keluarga saja. manusia mulai mengenai tulisan, dimana pengetahuan yang diperoleh disimpan ke media kertas atau semacamnya sehingga pengetahuna itu bisa bertahan lama. budaya menulis dan membaca berkembang selama ratusan tahun. kemudian sejak kertas mulai banyak digunakan dan sejak mesin cetak diciptakan oleh Gutenberg, proses pemassalan informasi terjadi menjadi begitu cepat. banyak pengetahuan baru tersebar dengan cepat, berita-berita dapat meluas karena adanya media kertas. Perkembangan mesin cetak juga diiringi perkembangan mesin lainnya. Mulailah era industrialisasi. Produk-produk konsumen mulai diproduksi massal sehingga barang-barang kebutuhan buatan tangan sudah berkurang lagi. proses ini berlangsung selama 400 tahun kemudian tibalah abad komputer di awal abad 20, manusia menemukan komputer yang mampu bekerja menggantikan banyak tugas manusia. komputer mengotomasi banyak tugas yang sebelumnya dikerjakan lama dan bertele-tele. komputer memiliki sifat tepat dan terus menerus. Tenaga kerja manusia banyak tidak dibutuhkan lagi karena tidak diperlukan lagi. unit-unit produksi sekarang terotomasi dengan tepatnya perhitungan komputer.
Tahun1990 sebelum berakhirnya abad 20, manusia kembali dikejutkan dengan kehadiran internet. tidak cukup komputer yang mengotomasi banyak proses. kini internet mengintegrasikan banyak proses yang sebelumnya berdiri sendiri. Internet menghubungkan setiap orang di setiap tempat di setiap waktu. Komputer tidak pernah berhenti tetapi terus ada dan semakin mengikat manusia untuk tergantung kepadanya. Orang kemudian bertanya apa jadinya jika tidak ada komputer dan internet.
Apa yang akan dilakukan manusia?
Oleh karena dunia ini sudah dipegang dan terkendalikan oleh komputer. Tidak ada lagi bidang  kehidupan manusia yang tidak di dukung oleh komputer.
Informasi ada di ujung jari, bisnis ada di ujung jari. setiap orang dengan hanya duduk di belakang meja dapat menjalankan bisnis besar dan mendatangkan banyak keuntungan tanpa meninggalkan tempat.
Cepatnya perkembangan komputer ini menuntut penguasaan yang dibutuhkan terhadap pengaruh komputer bagi kehidupan setiap orang. Luasnya bidang kemajuan komputer tidak mungkin untuk dikuasai semuanya tetapi yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari.
Inilah tantangan yang dihadapi oleh setiap mahasiswa utamanya jurusan Teknik Informatika.bagaimana menguasai teknologi komputer dan memanfaatkannya untuk kepentingan kemajuan diri, daerah dan bangsanya.

Jadi,.....
siapkan diri anda !!!!!!!!

1 komentar:

  1. Pak materi kuliahnya lewat internet saja, jadi mahasiswa tidak usah repot ke kampus lagi.

    Wassalam

    http://troubleshootingkomputer.blogspot.com

    BalasHapus

silakan beri masukan yang baik dan bertanggung jawab.atau langsung telepon

Entri Populer